Minggu, 21 Juni 2020

Bisnis online di Indonesia terus berkembang pesat

    Siapa sangka... kemajuan teknologi digital di dunia begitu cepat. Memasuki era smartphone, semua berubah dan berpengaruh pada life style kita semua. Yang tidak bisa beradaptasi akan tertinggal bahkan lama-lama akan mati, ini sepertinya yang dialami oleh Nokia... brand handphone yang waktu itu merupakan leading market tapi perlahan meredup ketika gagal beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

    Seiring dengan kemajuan teknologi digital, bisnis online yang bertumpu pada dunia digital juga semakin menggeser keberadaan bisnis offline konvensional. Toko-toko konvensional mulai ketinggalan, termasuk Hero supermarket terkenal yang dulu mempunyai banyak gerai di mall-mall tidak mampu bertahan dan akhirnya memutuskan gulung tikar pada tahun 2019.

    Bisnis online di Indonesia terus berkembang pesat, sejak tahun 2014 Euromonitor mencatat penjualan online di Indonesia sudah mencapai US$ 1,1 miliar. Data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut, industri e-commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17 persen dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit. Pada tahun 2018, e-commerce di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sangat pesat, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

    Tahun 2020 meskipun perkembangan ekonomi terkendala adanya pandemi covid-19, bisnis online tetap melaju. BisnisOnlineIndonesia.com akan berusaha secara rutin memberikan informasi dan analisa bisnis online di Indonesia, semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber inspirasi serta referensi bisnis anda. Salam Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar